Kamis, 22 Maret 2012

Pengertian dan Perbedaan LAN dan WAN

                       Bagi Anda yang ingin mengakses data dan informasi secara wireless, ada dua pilihan yang tersedia wireless LAN (Local Area Network) atau wireless WAN (Wide Area Network). Kedua teknologi ini sama-sama memungkinkan Anda untuk mengakses data pada PC atau PDA tanpa menggunakan kabel jaringan atau modem. Namun, kedua teknologi ini sedikit berbeda dalam penggunaan dan aplikasinya.

Sebelum kita tau perbedaan antara LAN dan WAN. Yuk,,, kita cari tau APA SIH DEFINISI LAN DAN WAN ?

                        LAN adalah Jaringan komputer yang terhubung atau berada pada tempat yang berdekatan tanpa menggunakan kabel jaringan.
 Wireless LAN membutuhkan access point di mana semua perangkat wireless terhubung ke situ, yang kemudian menghubungkan user ke jaringan kabel.
 Jangkauan wireless access point bisa mencapai 100 meter (330 kaki) di dalam ruangan. Wireless LAN digunakan di gedung perkantoran, kampus, atau rumah.

                       WAN adalah jaringan komputer yang terhubung pada tempat yang berjauhan dan terhubung dengan kabel telepon atau gelombang radio.

                        WAN digunakan untuk menyediakan koneksi Internet bergerak dengan area jangkauan yang jauh lebih luas untuk pelaku perjalanan bisnis atau teknisi lapangan. Wireless WAN memungkinkan user untuk mengakses Internet, e-mail, dan aplikasi dan informasi perusahaan meskipun mereka jauh dari kantor.

Perbedaan LAN dan WAN dari Sisi teknologi yang digunakan      

Perbedaan
LAN
WAN
Jangkauan
Lokal/kecil (biasanya dalam radius 100 m)
Jauh/Luas
Kecepatan
kecepatan alih data hingga 100 MBPS (juta bit per detik)
kecepatan alih data terbatas hingga 64 kbps (ribu bit per detik).

Sekuriti
Lemah
Kuat
Biaya
pada  range frekuensi tidak berlisensi (Bulanan)
Biayanya berdasarkan waktu, atau berdasarkan kuota data.


 Beberapa Teknologi LAN yang diberikan oleh penyedia Teknologi LAN, sebagai berikut:
 


Token Ring / FDDI.

Wireless LAN.
                      
Wireless LAN membutuhkan access point di mana semua perangkat wireless terhubung ke situ, yang kemudian menghubungkan user ke jaringan kabel.Jangkauan wireless access point bisa mencapai 100 meter (330 kaki) di dalam ruangan.


GigabitEthernet. 
                        Untuk mencapai kecepatan 1 Gbps, diperlukan beberapa perubahan pada komponen antarmuka fisik. Gigabit Ethernet merupakan penggabungan dua teknologi standar IEEE 802.3 Ethernet dan ANSII X3T11 Fibre Channel yang berkecepatan tinggi, seperti diperlihatkan pada gambar berikut. Format yang digunakan adalah IEEE 802.3 Ethernet dan memiliki kemampuan transfer secara full duplex maupun half duplex dengan methode kendali akses CSMA/CD.

ATM LAN

Beberapa teknologi WAN yang diberikan oleh penyedia layanan WAN seperti berikut ini: 

                       Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :

1. Router
2. ATM Switch
3. Modem and CSU/DSU
4. Communication Server
5. Multiplexer
6. X.25/Frame Relay Switches

Router
                       Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

Switch ATM

Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.


Modem (modulator / demodulator)

                        Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)

                        CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

Multiplexer

                       Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

Communication Server

                      Communication Server adalah server khusus “dial in/outâ€� bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

Switch X.25 / Frame Relay

                         Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

Terbit Lapak

Lapak

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by dyan123 - Premium Blogger Themes | cheap international calls