Sabtu, 05 November 2011

HIMPUNAN DATA


Pengertian Himpunan Data

Himpunan data adalah kumpulan data yang merupakan hasil dari berbagai instrumentasi yang dilaksanakan yang digunakan untuk menunjang kegiatan konseling. Himpunan data terkait dengan fungsi layanan, bidang layananserta kegiatan konseling baik perorangan maupun kelompok.
Himpunan data bergunauntuk melakukan kegiatan aplikasi instrumentasi di sekolah dan berguna secara efektif dalam melaksanakan kegiatan konseling perorangan dan kelompok di sekolah dan juga sebagai data acuan dalam mengambil keputusan tentang permasalahan murid
Tujuan
Tujuan secara umum dari penyelenggaraan himpunan data adalah menyediakan data yang valid dan realistis dalam menunjang pelaksanaan konseling disekolah juga menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan membuat kegiatan layanan menjadi efektif.
Tujuan secara khusus dari penyelenggaraan adalah menyediakan data yang valid, reliable, dan berkualitas yang berrtujuan untuk penunjang penyelenggaraan pelayanan konseling sehingga menciptakan suasana yang kondusif dalam penyelengaraan konseling di sekolah.
Fungsi Himpunan Data
  1. Fungsi pemahaman
    Dengan data yang lengkap memungkinkan dan tersusun dengan baik sehingga bisa dipahami olah pihak-pihak yang membutuhkan.
  2. Fungsi pencegahan
    Setelah proses pemahaman berjalan dengan baik, maka yang dilakukan adalah pencegahan berdasarkan data yang lengkap
  3. Fungsi pengentasan
    Setelah data diperoleh dengan lengkap maka bisa dilakukan pengentasan
  4. Fungsi pengembangan dan pemeliharaan
    Dengan digunakannya data yang lengkap di dalam himpunan data secara efektif, potensi mereka yang memperoleh pelayanan konseling akan bisa berkembang
  5. Fungsi advokasi
    Data yang didapat seharusya melindungi hak-hak dan keburukan data secara rapi dan tersusun

0 komentar:

Posting Komentar

Terbit Lapak

Lapak

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by dyan123 - Premium Blogger Themes | cheap international calls